Mahasiswa KKN Kelompok 2 Bantu Masyarakat Teluk Pandak

474

Rangkumnews.com Bungo – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan ke-XXI Universitas Muara Bungo (UMB) tahun 2021 Kelompok 2 membantu masyarakat di Dusun Teluk Pandak Kecamatan Tanah Sepenggal, untuk tetap produktif di tengah pandemi Covid-19, masyarakat dibantu untuk mengelola tanaman dengan teknik hidroponik.

Sebelumnya Pada tanggal 22 februari 2021 telah dilaksanakan pelepasan seluruh peserta kukerta Universitas Muara Bungo di 3 Kabupaten yakni Kabupaten Bungo, Tebo dan Merangin, dengan jumlah peserta 270 orang, yang dibagi menjadi 16 kelompok. Acara pelepasan dihadiri langsung oleh Bupati Bungo H. Mashuri, S.P, ME, Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Mandiri Universitas Muara Bungo Drs. H. Zulfikar Achmad, Ketua Yayasan H.Usman Hasan, S.H, M.Si,
Rektor Prof.Dr.H.Syamsurijal Tan,S.E, dan para Dosen beserta Staf Universitas Muara Bungo.

Kelompok 2 yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Dusun Teluk Pandak Kecamatan Tanah Sepenggal terdiri dari 16 anggota 7 perempuan dan 9 laki-laki, yang diketuai oleh M. Iska Febri Al Mahfud, wakil ketua Ahmad Fajri, sekretaris Novita Elyzia, Bendaha Ainun, dan Anggota M. Ezrido Dwi Destelio, Anggi Fanrezha, Fera Ermawati, Helia Desika, M. Wahyu Ihsan, Wiranto, M. Saihan, Sinsi Darmayanti, Sri Rahayu, Sarimun Nuzul, Sarkiman, Bayu Eka Perdana. Didampingi langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Yudhi Novriansyah, S.sos .M.Si.

Yudhi Novriansyah selaku Dosen Pembimbing Lapangan mengatakan KKN Angkatan ke-XXI Temanya adalah (Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Masyarakat Menuju Kemandirian Pangan dimasa Covid-19).

“Kedatangan Kami bersama para Mahasiswa KKN di Kecamatan Tanah Sepenggal disambut baik oleh Camat dan masyarakat setempat,.”Ucap Yudhi

Dikatakan Yudhi Novriansyah meski dalam situasi Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat para mahasiswa KKN di Kecamatan Tanah Sepenggal untuk turun langsung membantu masyarakat dengan banyak Program. Dirinya berharap dengan adanya Kuliah Kerja Nyata (KKN) Oleh Mahasiswa Universitas Muara Bungo dapat membantu masyarakat setempat.

“Saya berharap Program-program yang diberikan oleh Mahasiswa KKN dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, dan semoga Pendami Covid-19 cepat berlalu agar masyarakat dapat beraktifitas dengan normal seperti biasa,.”Tutup Yudhi

Adapun Program Kerja Utama Kelompk 2 yakni memanfaatkan jerami padi untuk pakan ternak ( Penggemukan Ternak Melalui Proses Fermentasi ), memanfaatkan pekarangan rumah warga dengan tanaman semi hidroponik. Selain itu kelompok 2 juga memiliki program kerja di Bidang agama, Pendidikan, Sosial, dan Kepemudaan. Selama melakukan proses program kerja tersebut mendapat dukungan dan tanggapan positif dari masyarakat di Dusun Teluk Pandak.(IB)