Wakil Bupati Bungo Hadiri HUT Satpol-PP ke-73 di Jambi

Berita1 Dilihat

Rangkumnews.com, Bungo – Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd menghadiri hari ulang tahun Satpol-PP ke-73, Satlinmas ke-61 dan ke-104 tahun pemadam kebakaran tingkat provinsi Jambi tahun 2023.

Upacara tersebut diikuti oleh seluruh kepada daerah se Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi Al Haris menjadi irup (Inspektur Upacara) di hari peringatan tersebut, upacara berlangsung di lapangan Kantor Gubernur Jambi, Senin (13/03/2023).

Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri yang dibacakan Al Haris, menyatakan dengan mengangkat tema “Mewujudkan Wilayah Tertib dan Ramah Investasi Melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Yang Profesional”.

Menurut Al Haris tema ini sesuai dengan arahan Presiden RI pada Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda tahun 2023 untuk menghadapi isu Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi.

Sedangkan Peringatan HUT Ke-104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tahun ini, membawa pesan kepada seluruh elemen bangsa Indonesia untuk tetap menggalang solidaritas,jiwa patriot, serta memperkuat pengabdian aparatur Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di seluruh Indonesia, sehingga mampu melahirkan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang tangguh.

“Dengan semangat dan ketangguhan itulah yang kemudian akan mendorong masyarakat untuk terus tumbuh demi mewujudkan Indonesia maju.

Sebagaimana tema Peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tahun ini yaitu “Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tangguh,Rakyat Tumbuh, Indonesia Maju,” lanjutnya.

Sebagai perangkat daerah yang menjadi barisan terdepan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat khususnya dalam kondisi darurat, pemadam kebakaran telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa, berkomitmen penuh dalam memberikan layanan kedaruratan bagi seluruh komponen warga negara.

Hal ini tergambarkan dalam data pada Laporan Nasional Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tahun 2022 bahwa  Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan telah berkontribusi dalam menangani total 17.672 kejadian kebakaran di sepanjang tahun 2022. Dengan penyebab kebakaran yang cukup beragam, terbanyak diantaranya karena hubungan arus pendek listrik  sejumlah 7.320 kejadian 40 persen kelalaian manusia 3.755 atau sebanyak 21 persen kejadian, kejadian dan sebab tabung gas berjumlah 2.172 kejadian 12 persen.

“Selain penanganan terhadap kejadian kebakaran, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan telah melakukan  berbagai operasi penyelamatan (rescue)dimana sepanjang tahun 2022 telah dilakukan sebanyak 53.110 operasi penyelamatan,” tuturnya.

Secara kelembagaan mereka merupakan satu kesatuan, dan tugas Satpol-PP didalamnya ada Satlinmas dan Damkar.

“Hari ini, kita perlu menyimak apa yang sudah menjadi arahan dari pak menteri bahwa ada beberapa poin untuk segera ditindak lanjuti,”pungkasnya. (red)