Berikan Penyuluhan di Limbur, Ketua BNK Bungo : Generasi Akan Hancur Karna Narkoba

Avertorial3 Dilihat

Rangkumnews.com, Bungo – Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bungo kembali melakukan sosialisasi, kali ini penyuluhan Narkoba melibatkan Lembaga Adat Melayu (LAM) serta Rio di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang pada Kamis, 15 September 2022.

Dalam kesempatan itu Ketua BNK Bungo H. Safrudin Dwi Apriyanto kembali mengingatkan kepada seluruh tamu yang hadir bahwa pentingnya peran dan pengawasan orang tua terhadap anak, hal tersebut guna mencegah dan menyelamatakan anak dari pergaulan bebas juga pengaruh Narkoba.

“Narkoba sangat mengkhawatirkan, sekarang para Bandar dan Pengedar narkoba sudah nekat dalam menyebar barang haram narkoba, anak-anak pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) sudah tau dan ikut mencoba Barang terlarang narkoba,.”Ucap Ketua BNK

Ketua BNK Bungo juga menyampaikan akan dampak yang sangat berbahaya jika ada yang kecanduan dengan narkoba, berdampak buruk terhadap lingkungan juga kesehatan bagi pengguna.

“Sistem saraf otak akan terganggu, orang yang kecanduan narkoba tidak akan segan dan takut untuk melakukan tindak kejahatan seperti mencuri bahkan membahayakan nyawa orang.”Ujar Ketua BNK

Ketua BNK Bungo mengigatkan bahwa Narkoba menjadi ancaman serius bagi kita semua, karna di Lapas Bungo kurang lebih 80% Narapidananya tersandung kasus Narkoba.

“Pencegahan dan penyelesaian masalah narkoba tidak akan bisa diselesaikan oleh Pihak Kepolisian dan BNK saja namun tugas kita bersama dari seluruh elemen masyarakat, dimulai dari keluarga untuk menyelamatkan dari pengaruh narkoba,.”Tutur Ketua BNK

Ketua BNK juga mengajak seluruh Datuk Rio untuk mengakitifkan kegiatan positif seperti olahraga agar para pemuda bisa terhindar dari barang haram narkoba.

“Jika ada keluarga atau tetangga kita yang terlibat barang haram narkoba, jangan dibiarkan, cepat cegah agar tidak menyebar dengan orang lain yang dapat merugikan orang lain,.”Ujar Ketua BNK

Pencegahan Narkoba adalah tanggung jawab bersama, kepada Para Datuk Rio dan lembaga adat melayu agar memberikan informasi pencegahan terhadap narkoba baik saat Khutbah di Masjid, acara Pernikahan, dan lainnya.

“Para Ustadz dan Da’i kita hadirkan untuk penyuluhan ke sekolah-sekolah, dengan harapan anak-anak kita bisa menjadi generasi Islami yang dibentengi iman dan taqwa agar terhindar dari pengaruh narkoba,.”Ujar Ketua BNK

Ketua BNK menghimbau apabila ada anak atau keluarga yang sudah kecanduan barang haram narkoba agar dapat menghubungi Badan Narkotika Kabupaten Bungo untuk dilakukan Rehabilitasi di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jambi.

“Jika ada keluarga yang sudah terindikasi kecanduan narkoba, kita akan bantu Rehab untuk di obati secara gratis, dengan syarat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Desa,.”Tutup Ketua BNK. (Red)