Bersama Mahasiswa KKN UMB, BNK Bungo Beri Penyuluhan Dengan Masyarakat Pasar Lubuk Landai

Avertorial1 Dilihat

Rangkumnews.com, Bungo –  Indonesia darurat narkoba bukanlah slogan semata. Fakta menunjukan, selain pengguna sudah mencapai jutaan orang, juga menyasar semua kalangan masyarakat. Kini, tidak ada segmen masyarakat yang bebas dari narkoba, dari aparat keamanan, birokrat hingga pelajar sekolah.

Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bungo Bersama Mahasiswa KKN universitas Muara Bungo (UMB) menggelar Penyuluhan Sosialisasi bahaya narkotika, psikotropika dan zat adiktif (Napza) bagi masyarakat yang bertempat di Dusun Pasar Lubuk Landai.Selasa (14/02/2023).

Dalam konteks pencegahan bagi Masyarakat dan kalangan pelajar sekolah, serta mahasiswa,Badan Narkotika Kabupaten ( BNK ) Bungo, posisi  Masyarakat, Mahasiswa dan pelajar adalah mitra strategis penyampaian tentang informasi  terhadap pencegahan bahaya narkoba di lingkungannya serta bertekad kuat membendung informasi yang tidak benar tentang narkoba di kalangan masyatakat luas serta mahasiswa dan pelajar.

Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bungo H. Safrudin Dwi Apriyanto, S.Pd  menjelaskan, kegiatan penyuluhan narkoba dengan sasaran masyarakat yang ada di Dusun Lubuk landai serta mahasiswa KKN dan pelajar sudah menjadi agenda tahunan.

”Penyuluhan Narkoba sudah menjadi agenda tahunan dari BNK  Kabupaten Bungo. Sebab jika tidak dilakukan sejak dini, maka dampaknya akan sangat berbahaya, apalagi pelajar  sangat rentan terhadap berbagai informasi tentang narkoba.,”ungkap Ketua BNK

Ditambahkannya  melalui penyuluhan yang dilakukan BNK, “kami berharap para Datuk Rio,Tokoh Masyarakat, Dan Tokoh Adat, bisa membentengi  masyarakat  dan generasi muda, dengan kegiatan yang positif sehingga generasi muda dan  pelajar di kabupaten Bungo menjadi cerdas dan terbebas dari narkoba,” tambahnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Bungo dr. Sapfaruddin Matondang selaku narasumber mengatakan, generasi muda khususnya para pelajar dan mahasiswa sebagai generasi penerus cita-cita bangsa, harus sejak dini dibekali pengetahuan tentang bahaya dan Penyalahgunaan Narkoba, karena masa depan bangsa Indonesia ada di tangan generasi muda.

“Narkoba ini memiliki dampak yang negatif, salah satunya dapat menurunkan kesadaran, yang berujung pada hilang ingatan dan dapat menimbulkan ketergantungan. Oleh karena itu mari kita sama-sama selamatkan generasi muda agar tidak terjerat oleh barang-barang haram seperti narkoba,”ujar Kadis Kesehatan

Sosialisasi dan Penyuhan tentang bahaya Narkoba menghadirkan nara sumber dari BNK ( Badan Narkotika Kabupaten)  Bungo bersama timnya, Kepala Dinas Kesehatan Bungo safarudin Matondang.pihak Polsek beserta jajaranya.

Selama sosialisasi berlangsung BNK memaparkan berbagai jenis narkoba dan bahayanya. Selain itu juga diberikan edukasi tentang bahaya bagi pengguna narkotika serta zat adiktif lainya.(red)