Kabupaten Sarolangun Sabet Juara Tilawah Pada MTQ Ke 52 Tingkat Provinsi Jambi

Berita1 Dilihat

Rangkumnews.com, Sarolangun – Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-52 tingkat Provinsi Jambi tahun 2023 telah dilaksanakan dengan lancar dan sukses. Agenda Pemerintah bidang keagamaan ini secara resmi ditutup Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I pada Selasa malam, 29 Agustus 2023 di Lapangan Perkantoran Bupati Sarolangun Provinsi Jambi.

Berdasarkan keputusan Dewan Hakim nomor 03 tahun 2023 tentang penetapan pemenang I, II, III dan Harapan, Kota Jambi menempati Juara Umum, disusul Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjun Jabung Timur. Sedangkan Kabupaten Sarolangun menempati peringkat ke 4 (empat) bersama Kabupaten Batang Hari.

Namun, Sarolangun mampu menjuarai Cabang Tilawah Dewasa putra dan Tilawah putri, sebuah pencapaian yang prestisius dan bergengsi, yaitu Juara 1 pada cabang tilawah golongan dewasa putra diraih oleh H. Abdullah Fikri dan Juara 1 pada cabang tilawah golongan dewasa putri diraih oleh Lutfiatunnisa.

Perolehan dua Qori-Qoriah Sarolangun inilah yang diyakini dapat mendongkrak nilai Kafilah Kabupaten Sarolangun menjadi peringkat 4, meningkat dari tahun sebelumnya, yaitu peringkat ke 7 pada MTQ ke-51 di Kota Sungai Penuh.

Kami yakin, nilai Juara 1 Tilawah Dewasa putra dan Juara 1 Tilawah Dewasa putri sangat berpengaruh mendongkrak nilai Kafilah, sehingga membuat Sarolangun bisa menempati peringkat ke empat,” kata salah satu tokoh masyarakat Sarolangun, yang meminta tidak disebutkan namanya, saat bincang-bincang dengan media ini.

Sebagaimana pemberitaan media ini terbitan sebelumnya, pada saat final, Abdullah Fikri dan Lutfiatunnisa tampil memukau. Lutfiatunnisa tampil dengan nomor peserta 423, membaca surah Al-Mujadilah dimulai ayat 14 halaman 491, sedangkan Abdullah Fikri tampil sebagai Finalis cabang tilawah dewasa dengan nomor peserta 416, membaca surah Fathir dimulai ayat 15, halaman 394.

Lutfiatunnisa tampil lebih dulu melantunkan ayat-ayat suci dengan komposisi lagu; Bayati, Soba, Hijaz dan Ros. Dimulai dengan melafadzkan ta’awudz, arena MTQ terasa begitu syahdu, skil tilawatil Qur’an Lutfiatunnisa mulai memukau dan membuat para pengunjung terkagum-kagum, apalagi saat qariah bertaraf nasional ini melantunkan ayat-ayat suci dengan suara tinggi pada lagu Hijaz dan Ros. Maasyaa Allah..

Selanjutnya giliran Abdullah Fikri dengan suara merdunya melantunkan ayat-ayat suci, membaca surah Fathir dimulai ayat 15 dengan Komposisi lagu Bayati, Nahawan, Ros dan Sika. Ucapan kagum para penonton bersahutan di ujung lantunan jawabul-jawab setiap lagu yang dibawakan Abdullah Fikri, para penonton terlihat spontan mengucapkan lafadz Allah.. Allah.. Allah, pertanda perasaan kagum atas skil yang dimiliki Qori bertaraf Nasional, Putra Sarolangun asli ini.

Pencapaian prestisius dua orang Qori-Qoriah Sarolangun bertaraf Nasional ini sangat membuat bangga Pemerintah dan segenap Pemerintah Kabupaten Sarolangun. Untuk melihat rangking atau peringkat Kabupaten/Kota pada MTQ ke-52 tingkat Provinsi Jambi tahun 2023 dapat dilihat dari screen shot dibawah ini.

Reporter : Budi Pratama.