Dinkes Bungo Gelar Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan

Avertorial16 Dilihat

Rangkumnews.com, Bungo – Edukasi keamanan pangan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bungo menggelar acara Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan di Ballroom Hotel Semagi Muara Bungo pada Selasa, 28 Juni 2022.

Kegiatan edukasi yang diikuti para Mahasiswa, Ibu-ibu PKK serta masyarakat umum tersebut diharapkan dapat digelar secara rutin, khususnya kepada anak-anak muda di Bumi Langkah Serentak Limbay Seayun.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo dr. Safaruddin Matondang mengatakan Tujuannya kegiatan KIE ini dilakukan agar para peserta yang ikut di acara ini dapat memahami betul konsep keamanan pangan dan secara mandiri dapat menerapkannya dalam keseharian dan di lingkungan sekitar atau sekolah.

“Dengan pahamnya para mahasiswa, Ibu-ibu PKK serta peserta umum lainya terkait Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) keamanan pangan, diharapkan dapat berdampak terhadap kesehatan para Mhasisiwa,Ibu-ibu PKK serta peserta umum lainya sehingga kedepannya bisa mencetak generasi penerus yang berkualitas,”. Ujar dr. Safaruddin

Ketua TP PKK Kabupaten Bungo DR. Hj.Verawaty Mashuri. S.Pd. M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara karena telah menggelar acara yang dinilai sangat bermanfaat bagi kita semua sebagai salah satu peserta dalam kegiatan tersebut.

“Sebagaimana ungkapan yang sering kita dengar, di didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, cemerlang, cerdas dan kreativitas. Tentunya ini akan muncul dari tubuh sehat,”. Hj. Verawaty.

Hj. Verawaty juga menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan karena fokus dengan kualitas makanan, ini terbukti dengan adanya menu dari dana alokasi khusus non fisik untuk kegiatan edukasi karena keamanan pangan kepada masyarakat.

Salah satu peserta bernama Noviasari yang merupakan Binaan Pangan Olahan CSR PT. Kuansing Inti Makmur (KIM) mengatakan dirinya bersama 5 orang rekannya merupakan ibu rumah tangga di utus oleh PT KIM untuk mengikuti pelatihan Komunkasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan.

“Salah satu maanfaat kami dalam acara penyuluhan ini, kami bisa mempelajari tentang banyak hal, dari tentang pengemasan sampai cara memasak yg benar dan kami juga bisa tau apa saja yg boleh dan yang tidak boleh untuk di campurkan kedalam pangan olahan yg kami buat, serta kami juga bisa tau lebih dalam tentang keuangan, baik untuk modal ataupun keuntungan kami,.”Ucap Noviasari

Noviasari juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Bungo atas kegiatan ini dan kepada PT KIM yang telah membina dan mengembangkan usaha rumahan sehingga dia dan kelompoknya mampu mendapat tambahan penghasilan untuk keluarganya.

“Kami mengirimkan 6 orang Ibu-ibu Binaan Pangan Olahan CSR PT. Kuansing Inti Makmur (KIM) guna mengikuti acara ini. Harapan kami dengan adanya kegiatan ini, para ibu-ibu binaan pangan olahan menjadi lebih bersemangat, tumbuh berkembang dan bisa menjadi modal guna pengurusan SPP IRT.” Ujar Yuliar Rista Bayu, CSR Sect Head PT. KIM

Turut hadir dalam acara Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan tersebut dari Balai BPOM Jambi, Febriany Martiana Nasel. S.Si. Apt, para peserta dari tiga pilar yakni, Pemkab Bungo, Produsen dan Konsumen serta para Awak Media Elektronik dan Media cetak Serta Online.Warta. (Red)