Bersama BPJS Ketenagakerjaan, Zulfikar Achmad Sampaikan Sosialisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

303

Rangkumnews.com Bungo – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kabupaten Bungo menggelar Sosialisasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada masyarakat, dalam kegiatan tersebut Drs. H. Zulfikar Achmad selaku Anggota DPR RI Komisi IX ikut dalam memberikan Sosialisasi kepada peserta, Kegiatan yang berlangsung di Semagi Hotel Muara Bungo ini dihadiri ratusan pekerja mandiri keterwakilan masyarakat, Selasa (27/04/2021).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Bungo Sulistijo Nisita Wirjawan mengatakan bahwa negara hadir dalam melindungi masyarakat melalui lembaga jaminan sosial. Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan juga memberikan perlindungan dari risiko kecelakaan kerja, kematian, serta hari tua.

“Apabila para pekerja mengalami kecelakaan kerja maka biaya perawatan di rumah sakit sepenuhnya ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan tanpa batasan biaya sesuai indikasi medis, Selain itu yang ditanggung BPJS Ketenagakerjaan yakni Evakuasi ketempat pengobatan hingga santunan kematian” jelasnya.

Ditambahkan Sulistijo Nisita Wirjawan apabila ada pekerja meninggal dunia dan kepesertaanya aktif maka ahli waris akan mendapat santunan kematian dari jaminan kematian. Ketika berhenti bekerja maka bisa mengklaim jaminan hari tua (JHT) yang berbentuk tabungan.

Dalam kesempatan itu Drs. H. Zulfikar Achmad selaku Anggota DPR RI Komisi IX juga menyampaikan banyak manfaat dari Sosialisasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, peserta bisa mengetahui apa tujuan dari Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Sayo harap seluruh peserta mengetahui manfaat dari program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, dan bagi masyarakat yang belum tergabung di BPJS Ketenagakerjaan
silahkan daftarkan, karno banyak manfaat seperti perlindungan dari risiko kecelakaan kerja, kematian, hari tua,.”Ucap Zulfikar Achmad

Disampaikan Zulfikar Achmad Program ini dibuat oleh pemerintah agar masyarakat dalam hal ini pekerja bisa sejahtera. Harapan pemerintah dengan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan tersebut produktifitas perekonomian Indonesia semakin meningkat.

“Saat iko masih banyak masyarakat di kabupaten bungo yang harus menyadari pentingnyo Jaminan Sosial Ketenaga Kerjaan, Hal iko penting agar saat resiko terjadi sudah memiliki jaminan perlindungan dari BPJS Tenaga Kerjaan,.”Ucap Zulfikar Achmad

Acara Sosialisasi ditutup dengan pemberian Beasiswa secara Simbolis kepada pelajar tingkat SD, SMP, SMA hingga tingkat Perguruan Tinggi. (IB)