DLH Sarolangun Terima Bantuan TPA dan Excavator dari Kementerian PU-PR

604

Rangkumnews.com Sarolangun – Pemerintah Kabupaten Sarolangun Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sarolangun, Terima Bantuan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah dengan Klasifikasi Moderen dari Kementerian PU-PR, Selain TPA, DLH Sarolangun Juga Menerima Bantuan 1 Unit Excavator Untuk Penunjang Aktivitas TPA, Bantuan Tersebut di Serahkan Langsung Oleh Kasi Wilayah 1, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jambi Ibu Eka Prasetyawati, yang Bertempat di Desa Bukit Kecamatan Pelawan, Kabu Sarolangun, Pada Selasa 25 Januari 2022.

Dalam Acara Serah Terima Bantuan tersebut Hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sarolangun, Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Camat, Kepala Desa, Serta Stek Holder Terkait, Acara Serah Terima Bantuan Tersebut Berjalan Dengan Sukses.

Bupati Sarolangun Melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sarolangun, Kurniawan. ST, ME Menyampaikan Bahwa. “Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah ini merupakan Bantuan dari Kementerian PU-PR Melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Jambi, yang Mulai Pengerjaan nya di Bulan Februari 2021 dan Hari ini dilakukan Serah Terima Berikut dengan Pengelolaan Kepada Pemerintah Kabupaten Sarolangun, yang di Terima Oleh Dinas Lingkungan Hidup, di Tambah Lagi dengan 1 Unit Excavator Untuk Menunjang Pelaksanaan Aktivitas di TPA, dengan dilakukannya Penyerahan TPA ini, Menjadi Aset untuk kita Kelola, untuk Type TPA ini Sudah Moderen yakni Sanitarian File, yang Mana TPA ini Nantinya Akan Menghasilkan Out Put dari Tumpukan Sampah Tersebut Menjadi Gas Waitan, yang bisa kita Pakai Khusus nya bagi masyarakat yang berada di sekitar TPA tersebut. “Jelas Kadis”.

Lanjut Kadis. ” Untuk Cara Kerjanya, Sampah akan kita tumpukan di Tempat terbuka, Kemudian akan di lakukan treatment, dengan Menutup Sampah dengan Tanah pada ketebalan Tertentu, berkisar pada ketebalan 80-90 Cm, dengan tertutup oleh tanah tadilah Sampah tersebut akan menghasilkan Gas, dan untuk tenaga teknis nya kita masih memakai staf kita yang di lapangan untuk mengelola TPA ini, mengingat sampah yang ada saat ini Volumenya belum terlalu banyak, untuk kedepan bisa saja TPA ini nantinya kita buat semacam UPTD untuk pengelolaan nya, karna kita ingin dari pengelolaan TPA ini mendapat Nilai Tambah dari sampah menjadi Gas yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat. “Ucap Kadis”.

Lebih Lanjut Kadis. ” Kita berharap dengan adanya Bantuan TPA dari Kementerian PU-PR ini, Akan Bermanfaat bagi masyarakat, apa lagi secara teknis Sampah ini berpotensi akan menghasilkan Gas, yang bisa di Nikmati oleh masyarakat, selain itu Kami dari pemerintah kabupaten Sarolangun, Ingin mengucapkan Terimakasih Kepada Kementerian PU-PR, Melalui Balai Prasarana Pemukiman wilayah Jambi, Atas Bantuan Bangunan TPA dan 1 Unit Excavator, Semoga Bantuan ini dapat di Maksimal kan Pengelolaan nya, Sehingga Bermanfaat Bagi Masyarakat Banyak. “Harap Kadis”.

Reporter : Budi Pratama