Dinkes Bungo Gelar Gerakan Serentak Intervensi Pencegahan Stunting

Avertorial27 Dilihat

Rangkumnews.com, Bungo – Kegiatan Gerakan Serentak Intervensi Pencegahan Stunting yang gelar Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Bungo H. Safrudin Dwi Apriyanto yang juga Ketua TPPS Kabupaten Bungo, bertempat di Ballroom Amaris Hotel Muara Bungo, Selasa (11/6/2024).

Dalam kegiatan tersebut, turut dilakukan penandatanganan Komitmen gerakan serentak intervensi pencegahan stunting.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, dr. Saparudin Matondang, mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut upaya penurunan stunting, dari sebelumnya angka stunting di Kabupaten Bungo dari 15,4 persen menjadi 13,7 persen.

Ia berharap, melalui gerakan ini, capaian target 12 persen secara nasional bisa tercapai. Namun demikian, ini perlu didukung dari semua pihak dan lintas sektoral, dalam rangka upaya penurunan angka stunting.

”Termasuk, orang tua asuh masuk ke ranah OPD dan semua nya terlibat menjadi orang tua asuh. Selanjutnya tindaklanjut dengan perusahaan-perusahaan, ditambah dengan klinik dan rumah sakit yang sudah ditetapkan menjadi asuh stunting,”ungkapnya.

Sementara, Wakil Bupati Bungo, H Safrudin Dwi Apriyanto mengatakan, penurunan stunting merupakan salah satu program prioritas nasional. Dengan intervensi yang tepat, diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia di masa depan.

Karena itu, Ia mengajak kepada semua pihak termasuk lintas sektoral untuk berkolaborasi, bersama-sama membangun dan melakukan terobosan yang komprehensif dan berkelanjutan dalam menurunkan angka stunting melalui aksi nyata.

”Dengan kebersamaan menjadi kunci untuk menyelesaikan permasalahan ini. Alhamdulillah dengan kebersamaan kita selama ini, kemarin kita mendapatkan apresiasi dari pemerintah Provinsi Jambi terbaik 2 dalam aksi konvergensi stunting di Jambi,” tukasnya.

Turut hadir, Kepala Dinas Sosial P2KB & P3A Kabupaten Bungo, Ardani, dan sejumlah kepala OPD, Para Camat, Kepala Puskesmas, Kepala Pengadilan Agama, mewakili Kemenag Bungo, mewakili Dandim 0416/Bute, Pimpinan Perguruan tinggi, dan undangan lainnya. (red)