Sekda Sudirman Harap Anak Didik SMAN Titian Teras Unggul dan Berkualitas

Avertorial, Berita23 Dilihat

Rangkumnews.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Dr. H. Sudirman, SH, MH, berharap anak didik SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti turut berkontribusi mencetak generasi penerus yang siap menghadapi tantangan masa depan, melahirkan manusia unggul dan berkualitas yang berkemanusiaan. Harapan tersebut disampaikan Sekda saat pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Masa Basis Peserta Didik Baru Angkatan XXXI Tahun Pelajaran 2024/2025, bertempat di GOR SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti, Rabu (10/07/2024).

“Selamat kepada ananda semua yang telah diterima di SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Bersaing dengan ribuan siswa se-Provinsi Jambi, ananda semua terpilih untuk menjadi bagian keluarga besar SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti, untuk menimba ilmu dan mencari pengalaman disalah satu sekolah favorit di Provinsi Jambi.

Manfaatkan kesempatan bersekolah dengan sebaik-baiknya, semangat belajar dan kejar prestasi serta mencintai ilmu pengetahuan, mengisi masa muda dengan kegiatan positif dan menyenangkan, yang dapat meningkatkan skill dan kemampuan baik secara kognitif maupun afektif,” ujar Sekda Sudirman.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Sudirman juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada orang tua/wali murid.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada bapak dan ibu orang tua wali murid yang telah berkontribusi dalam menyukseskan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2024/2025, khususnya di SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti, mudah-mudahan menghasilkan anak-anak bangsa yang menjadi harapan kedepannya,” ucap Sekda Sudirman.

Lebih lanjut Sekda Sudirman mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada wali murid yang telah mempercayai dan berkomitmen dengan sebaik-baiknya untuk mewujudkan pelaksanaan PPDB yang berintegritas.

“Saya berharap pelaksanaan PPDB setiap tahunnya menjadi pembelajaran dan renungan bagi kita bersama, untuk berbenah menjadi lebih baik, demi pelaksanaan penerimaan peserta didik yang berlangsung lebih baik, tertib dan lancar, sebagai sebuah langkah untuk mewujudkan layanan pendidikan di Provinsi Jambi yang unggul dan berkualitas,” ungkap Sekda Sudirman.

Sekda Sudirman menjelaskan bahwa pengenalan lingkungan sekolah menjadi laboratorium awal untuk mengenalkan hakikat sekolah kepada peserta didik.

“Pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru dengan kegiatan edukatif, kreatif, dan menyenangkan, sehingga masa pengenalan lingkungan sekolah benar-benar efektif untuk mewujudkan niat baik MPLS maupun Masa Basis Peserta Didik Baru, sebagai upaya agar siswa baru mampu mengenali ekosistem sekolah dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru menjadi tempat belajar dan bermain untuk meningkatkan prestasi dan menumbuh kembangkan karakter, sekaligus meningkatkan solidaritas warga sekolah,” jelas Sekda Sudirman.

“Kegiatan MPLS dan Masa Basis Peserta Didik Baru ini tidak hanya penting bagi siswa baru, tetapi juga untuk sekolah dan guru, selain itu guru dapat mengoptimalkan kegiatan ini untuk mengenal, mengetahui, dan memahami latar belakang siswa baru, untuk data dan informasi yang ada terkait siswa baru tersebut dapat menggali potensi dan bakat siswa, kemudian dibimbing dan mengarahkannya demi peningkatan kecerdasan kognitif maupun emosional siswa,” sambung Sekda Sudirman.

Lebih lanjut Sekda Sudirman menegaskan bahwa urgensi kegiatan MPLS dan Masa Basis ini, semua pihak untuk turut mengawal dan mengawasi agar pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, sehingga sekolah benar-benar dapat menjadi rumah kedua yang menyenangkan bagi generasi penerus.

“Mari bersama kita awasi agar pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, sehingga sekolah benar-benar dapat menjadi rumah kedua yang menyenangkan bagi generasi penerus serta menumbuhkan kesadaran dan kesukarelaan untuk menikmati setiap proses belajar agar konsep pembelajaran sepanjang hayat benar-benar terpatri dalam sikap dan perilaku peserta didik, sebagai upaya menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas di Provinsi jambi,” tutup Sekda Sudirman.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Karnama dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH yang penuh perhatian terhadap peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Jambi terutama perhatiannya kepada SMAN Titian Teras. Selain itu dirinya juga sangat mengapresiasi kemajuan sekolah yang dua tahun terakhir ini sangat luar biasa.

“Bantuan Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pendidikan terus dibangun baik sarana dan fasilitas asrama serta fasilitas listrik, selain itu SMAN Titian Teras juga mendapatkan perhatian dan apresiasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selama dua tahun ini melalui Bantuan Operasional Sekolah kinerja. Yang pertama pada tahun kemarin adalah kemajuan terbaik untuk kemajuan rapor Pendidikan dan Bantuan Operasional Sekolah kinerja prestasi yang menunjukkan adanya prestasi siswa-siswa kita, dan pada tahun ini alhamdulillah mengalami peningkatan jumlah pendaftar, terakhir pada tahun ini pendaftaran sebanyak 981 pendaftar, mengalami kenaikan 19% dari tahun sebelumnya,” katanya. (red)