Bupati Bungo H.Mashuri Jadi Pemateri Workshop di Gedung Mahligai Bank 9 Jambi

Berita1 Dilihat

Rangkumnews.com, Bungo – Sukses sebagai alumni terbaik di Universitas Jambi (UNJA), 3 Kepala Daerah se Provinsi Jambi dan sukses membangun di daerah jadi pemateri di workshop Collaborative Ecosystem through the integrated laboratory village a new model for developing village and implementing Programs of higher education Tridharma.

Workshop tersebut berlangsung di Kantor Mahligai Bank 9 Jambi pada hari Selasa (05/09/2023) yang di hadiri oleh 2 Bupati dan 1 Wakil Bupati yakni, Bupati Bungo H.Mashuri, S.P, M.E, Bupati Batanghari Fadhil Arif, dan Bupati Tanjab Tim yang di wakili oleh Wakil Bupati Robi Nahlianto, Wakil rektor 1 Universitas Jambi (UNJA) Wakil Rektor III,dan kepala Bappeda Se Provinsi Jambi.

Dalam kesempatan tersenut Bupati Bungo H.Mashuri.S.P.M.E memaparkan pembangunan Kabupaten Bungo di bidang pertanian dan peternakan.

Ia mengatakan di depan narasumber lainnya, bahwa di Kabupaten Bungo mempunyai 4 Kecamatan dalam Kabupaten Bungo sentral ternak, diantaranya di Kecamatan Pelepat Ilir, Jujuhan Ilir, Tanah Sepenggal, dan di Kecamatan Bathin III ulu, dan mempunyai beberapa sentral pertanian diantaranya, Cabe, Bawang merah, dan Sayur-sayuran.

Selain itu ia menyebutkan juga di Kabupaten Bungo juga mempunyai beberapa UMKM yang telah di pasarkan dalam Provinsi Jambi, salah satunya pisang sale yang sentarlnya di Dusun Purwobakti, Kecamatan Bathin III, Kabupaten Bungo.

“Bisa dilihat di supermarket dan minimarket kalau ada Bingkisannya Ada Barcode itu khas pisang Sale asal Kabupaten Bungo,”Katanya,

Dan di Kabupaten Bungo juga mempunyai beberapa kekayaan alam yang sedang di lihat oleh negara luar, seperti Emas dan Batu Bara, nah disinilah masyarakat luar Kabupaten Bungo terutama luar Provinsi Jambi tertarik dengan SDA yang ada di Kabupaten Bungo.

Mereka tau bahwasanya SDA Bungo itu sangat berpotensi di bidang Batu Bara dan Emas..

Disamping itu ia juga menjelaskan penting nya membangun Kolaborasi Kabupaten dan Universitas Jambi dalam program pembangunan Daerah.

“Saya rasa untuk membangun sesuatu perlu mahasiswa -mahasiswi UNJA adanya Kolaborasi untuk menjalankan program pembangunan Daerah,”Jelasnya.

Selanjutnya dilanjutkan dengan pemateri berikutnya yang di sampaikan oleh wakil Bupati Tanjabtim dan Bupati Batanghari.(red)