Gandeng BPJS Kesehatan, Mahasiswa KKU IAKSS Muara Bungo Berikan Sosiaisasi Kepada Masyarakat Timbolasi

Avertorial19 Dilihat

Rangkumnews.com, Bungo – Kuliah Kerja Usaha atau KKU merupakan salah satu mata kuliah yang bersifat wajib dan menjadi prasyarat untuk kelulusan bagi mahasiswa S1 dan penyelenggaraan KKU adalah bagi mahasiswa yang menjelang semester akhir. Setiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta pasti menyelenggarakan KKU. Pelaksanaan KKU biasanya berupa kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang biasanya bertempat di desa.

Tujuan dari dilaksakannya KKU ini adalah untuk memenuhi tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Hal ini lah yang menjadi alasan KKU diwajibkan.

Institut Administrasi & Kesehatan Setih Setio Muara Bungo (IAKSS) salah satu perguruan tinggi yang berlokasi di kabupaten Bungo ini setiap tahunnya menyelenggarakan program KKU. Program KKU di Institut Administrasi & Kesehatan Setih Setio Muara Bungo ini diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat atau disingkat LPPM IAKSS.

Untuk program KKU pada tahun ini LPPM IAKSS selaku penyelenggara menerapkan tema “Kuliah Kerja Usaha Tematik Desa Membangun” yang di laksanakan dalam kurun waktu 45 hari pada tanggal 11 Juli 2022 hingga tanggal 25 Agustus 2022.

Penempatan lokasi KKU IAK SS Muara Bungo pada tahun ini tersebar di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bungo, Tebo dan Merangin.
Di kabupaten Bungo ditempatkan tiga posko yang berada di Kecamatan Bathin III Ulu yang berada di tiga desa yaitu, Posko 1 Desa Luber, Posko 2 Desa Timbolasi, dan Posko 3 Desa Sungai Telang.

Timbolasi merupakan sebuah desa yang terletak dalam Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo. Desa Timbolasi ini juga merupakan salah satu desa yang dijadikan sebagai lokasi Kuliah Kerja Usaha Tematik Desa Membangun, Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo (KKU IAK SS).

Mahasiswa KKU IAK SS Posko 02 di bawah bimbingan lapangan Drs. Hardius.,M.M yang sedang melaksanakan kuliah kerja usaha di Desa Timbolasi, Kecamatan Bathin III Ulu bekerja sama dengan BPJS Kantor Cabang Bungo mengadakan sosialisasi tentang BPJS Kesehatan dengan peserta Perangkat Desa dan warga Timbolasi bertempat di aula TK pada hari Selasa tanggal 09 Agustus 2022.

Penyuluhan BPJS Kesehatan tersebut disampaikan oleh Tim BPJS Kesehatan Kabupaten Bungo “Tujuan dari penyuluhan tersebut yaitu agar masyarakat Timbolasi lebih paham tentang manfaat penggunaan jaminan kesehatan,” ujar Tim BPJS kesehatan Kabupaten Bungo Selasa (9/8/2022). Penyuluhan ini dilaksanakan secara dua arah, dimana masyarakat yang menghadiri penyuluhan dapat memberikan pertanyaan kepada narasumber.

“Dengan adanya BPJS itu sangat membantu biaya pengobatan masyarakat dan sistem dari BPJS itu sendiri berupa gotong royong, memang kita disuruh membayar setiap bulan yang biayanya di alokasikan untuk orang-orang yang membutuhkan.” ujar Tim BPJS kesehatan Kabupaten Bungo.

Pada penyuluhan BPJS Kesehatan tim BPJS menjelaskan tentang sejarah perkembangan BPJS, perkembangan tarif dan kelas BPJS, keuntungan mengikuti BPJS, kerugian tidak mengikuti BPJS, alur pendaftaran BPJS, dan alur penggunaan BPJS.

Kepala Desa Timbolasi Muzir dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKU Posko 02 Desa Timbolasi IAK SS Muara Bungo yang telah mendatangkan pihak dari BPJS kesehatan Kabupaten Bungo melakukan sosialisasi jaminan kesehatan.

Dikatakan Muzir masih banyak masyarakat Desa Timbolasi belum terdaftar sebagai pemegang kartu jaminan kesehatan.

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi BPJS ini masyarakat dapat memahami tentang fungsi dari BPJS dan yang belum terdaftar agar segera mendaptarkan diri,” ungkapnya. (Red)

(Bima Arbiansyah)