Genjot Target Vaksinasi Babinsa Koramil Telanaipura koordinasi dengan Sekolah SDN 92/IV Kota Jambi

57

Rangkumnews.com Jambi – Dalam rangka menyukseskan program vaksinasi agar dapat berjalan dengan tertib, lancar dan mencapai target, Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura Sersan Mayor Sarul mendatangi SDN 92/IV kota Jambi untuk melakukan koordinasi terkait vaksinasi anak SD umur 6 sampai dengan umur 11 tahun, Selasa (04/01/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Babinsa menyampaikan kepada kepala sekolah agar melakukan pendataan terhadap murid-muridnya, guru ataupun karyawan yang belum menerima vaksin.

Diakui, banyak kendala yang dihadapi jika kegiatan vaksin diperuntukkan bagi anak umur 6-11 tahun. Disamping kecenderungan untuk abai terhadap protokol kesehatan pasca penyuntikan, yang paling banyak yakni tidak mendapat ijin dari orang tua/wali. Hal ini disebabkan karena takut tentang berbagai macam vaksinasi dan ketidaktahuannya orang tua akan pentingnya vaksinasi.

“Ada satu kendala yang banyak dihadapi jika vaksinasi diperuntukkan bagi anak usia Sekolah Dasar, yaitu masalah izin orang tua/walinya” ujar Sarul.

Untuk menyiasati hal tersebut, Sarul berusaha menekankan kepada pihak sekolah agar sebelum vaksin dilaksanakan, hendaknya ada ijin dari orang tua sebagai lampiran.

“Jika perlu ada pendampingan langsung dari orang tuanya, agar si anak tidak takut dan merasa tidak dibawah tekanan. ” tutur Sarul

Kegiatan koordinasi oleh Babinsa mendapat apresiasi dari pihak sekolah, karena bertujuan untuk menyukseskan program pemerintah tentang vaksinasi, sehingga capaian vaksinasi bisa segera tuntas.(Red)