Bupati Mashuri Ikut Rakornas Penanggulangan Bencana di JIExpo

Berita1 Dilihat

Rangkumnews.com, Jakarta – Bupati Bungo H.Mashuri Ikuti Rakornas penanggulangan bencana di Jakarta Internasional Expo (JIExpo) Kemayoran, yang di buka secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo yang di dampingi sejumlah menterinya. Kamis (02/03/2023).

Keikut sertaan Rakornas PB (Penanggulangan Bencana) Bupati didampingi oleh Plt Kepala Badan BNPB Kesbangpol.

Presiden RI Joko Widodo dalam kesempatan tersebut mengatakan, semua negara saat ini tengah mewaspadai perubahan iklim yang berpotensi meningkatkan frekwensi bencana.

“Perubahan iklim itu menyebabkan frekuensi bencana alam di dunia naik drastis dan Indonesia menempati tiga teratas paling rawan bencana,” kata Presiden.

Diungkapkannya, frekuensi bencana di Indonesia naik 81 persen dari 1.945 bencana di tahun 2010 menjadi 3.544 bencana di tahun 2022. Bencana itu meliputi banjir, letusan gunung berapi, tanah longsor, gempa bumi serta bencana alam dan non alam lainnya.

Karena itulah presiden menegaskan, siaga dan waspada itu menjadi kunci, baik tahap pra bencana, pada tahap tanggap darurat, maupun pascabencana.

“Semuanya harus disiapkan, semuanya harus dikelola dengan baik,” tegasnya.

Lebih lanjut Presiden menekankan, tahap pra bencana sangat penting untuk memitigasi risiko serta meminimalisir korban dan kerugian akibat bencana.

“Kita ini masih sering sibuk di tahap tanggap darurat, pas terjadi bencana. Padahal yang namanya pra bencana, tahap pra bencana itu jauh lebih penting,” sebutnya, di akhir sambutannya. (red)