Jalan Dicor Beton, Warga Bathin III Ulu Berterima Kasih ke HAMAS-APRI

34

Rangkumnews.com Bungo- Warga Bathin III Ulu, khususnya Senamat Ulu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Bungo H Mashuri dan Wakil Bupati H Safrudin Dwi Apriyanto (HAMAS-APRI). Terima kasih itu atas perhatian yang tinggi terhadap kecamatan terjauh di aliran batang bungo tersebut.

Salah satu perhatian itu berupa perbaikan jalan dari Dusun Laman Panjang ke Senamat Ulu hingga Aur Cino. Bahkan sebagian dari jalan itu dengan konstruksi cor beton. “H. Mashuri lah yang menurut saya sangat bermasyarakat dan tau apa yang diinginkan oleh masyarakat. Untuk Senamat Ulu sendiri sudah banyak mengalami kemajuan, terutama soal jalan. Saat ini masyarakat sudah bisa bernafas lega dengan akses jalan yang telah dibangun Hamas-Apri,” kata Sulaiman salah satu tokoh masyarakat setempat.

Hal senada juga disampaikan oleh tokoh senior asal Bathin III Ulu, H Akmam. Menurut mantan anggota DPRD Bungo ini, HAMAS-APRI adalah pemimpin yang tepat untuk Kabupaten Bungo kedepan. Sebab, memiliki niat yang tulus untuk membangun.

Salah satu contoh yang selama ini menjadi masalah adalah kerusakan jalan. Masalah itu sedang diperbaiki dengan anggaran yang tidak sedikit, yaitu Rp 9 miliar. “Sayo tau persis. Dari kecik sayo sudah kenal dengan beliau ini,” kata H Akmam yang mengatakan dirinya adalah sahabat baik almarhum ayah HAMAS.

Sementara HAMAS mengungkapkan, bahwa dalam membangun dirinya dan APRI berprinsip berdasarkan asas keadilan. Itu ditunjukkan dengan program Gerakan Dusun Membangun (GDM) Rp250 juta yang diterima semua Dusun. Kedua, pembangunan dilakukan bertahap. Maka selama empat tahun tiga bulan dirinya menjadi Bupati yang dilakukan yaitu membangun dengan prinsip pemerataan dan bertahap sesuai dengan kemampuan anggaran.

Khusus untuk Bathin III Ulu, katanya setiap tahun diberikan jatah pembangunan di luar GDM Rp250 juta per Dusun. Seperti tahun pertama memimpin dijatah jalan ke Lubuk Beringin. Lalu ada pelebaran jalan ke Rantau Pandan. Kemudian adapula jalan ke Sungai Telang. Jalan ke Apung Ilir. Terakhir katanya jalan dari Laman Panjang ke Senamat Ulu hingga Aur Cino yang saat ini sedang dikerjakan.
“Dari Laman Panjang ke Aur Cino ini dananya besar, sembilan miliar kita kasih,” kata HAMAS.

Itulah katanya bentuk perhatian pemerintah Kabupaten Bungo kepada warga Kecamatan Bathin III Ulu selain program-program yang sudah ada.

“Membangun itu pertamo asasnyo berkeadilan. Janji sayo Rp250 juta itu sudah sayo realisasikan. Kalau ado yang ngato dak dakdo pembangunan di Dusun. Berarti Dio dak tinggal di dusun. Mungkin jugo jarang balik. Kalau Ado yang ngato dakdo pembangunan di Kota. Berarti Dio dak tinggal di kota,” kata HAMAS.

Soal penghargaan katanya juga sama. Setiap penghargaan yang diperoleh memiliki nilai tambah bagi Kabupaten Bungo. Seperti predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan daerah. Setelah mendapat WTP itu Kabupaten Bungo sambungnya mendapat insentif dalam jumlah besar. Bahkan hingga puluhan miliar. “Semakin banyak penghargaan, semakin banyak sen masuk ke Bungo. Itulah manfaat nya,” kata HAMAS yang juga mengatakan salah satu potensi Bathin III Ulu yang sedang dikembangkan adalah kekayaan alamnya. (red)