Bersihkan TPS Liar, Kadis DLH Harap Masyarakat Tak Buang Sampah Sembarangan

393

Rangkumnews.com, Sarolangun – Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Sarolangun Terus Berupaya Untuk Membenahi, Meminimalisir serta Membersihkan Tumpukan Sampah Pada Titik-titik yang Menjadi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Liar, di Beberapa Tempat di Dalam Kota Kecamatan Sarolangun, Salah Satunya di Wilayah Kelurahan Sarolangun Kembang (Sarkam) yang Berbatasan Dengan Desa Ladang Panjang, Saat ini sedang di Lakukan Proses pembersihan Tempat Sampah Tersebut Oleh Dinas DLH Sarolangun, Pada Sabtu 23/07/2022.

Di Ketahui Tempat ini memang Menjadi Tempat Paporit Bagi Masyarakat yang Berlalu lalang di sana untuk membuang Sampah, Karena Tempat ini terletak di Pinggir Jalan Lintas Sumatera, sehingga Memudahkan Bagi masyarakat sekitar maupun Orang luar dengan leluasa untuk membuang Sampah, pada Hal tempat Tersebut Bukan Merupakan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Resmi.

Kepala Dinas DLH Sarolangun Kurniawan. ST Menuturkan Bahwa. “Hari ini Kita Lakukan Pembersihan Tumpukan Sampah Akut, yang Berada di Area Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Liar, di Wilayah Kecamatan Sarolangun, Tepatnya di Wilayah Pulau Pinang Kelurahan Sarolangun Kembang (Sarkam), yang Berbatasan dengan Desa Ladang Panjang, dimana Sama-sama Sudah kita Ketahui Tempat ini Sudah Sejak Lama di Jadikan Tempat Pembuangan Sampah oleh masyarakat Sekitar Atau pun masyarakat dari luar yang melintasi Area Ini, Pada hal tempat ini bukan Merupakan Tempat pembuangan Sampah resmi yang di buat oleh pemerintah, untuk itu kami dari Dinas DLH membersihkan tempat ini, dan berupaya kedepannya tempat ini tidak lagi di jadikan oleh masyarakat tempat pembuangan sampah, dan kami akan menyulap tempat ini menjadi Mini Taman yang Nantinya Akan di tumbuhi oleh berbagai tanaman hias maupun tanaman Tumbuh, Sehingga Masyarakat Sekitar Maupun Masyarakat dari Luar tidak lagi membuang Sampah di tempat ini. “Ujar Kurniawan”.

Lanjut Kurniawan. ” Dalam Kegiatan Pembersihan Sampah ini kita Menerjunkan Puluhan Personel, di bantu dengan 3 Unit Mobil Dumptruk, dan 1 Unit Bekoloder, untuk membersihkan Sampah di TPS Liar ini, dan kita juga sudah berkoordinasi dengan Para Ketua RT Setempat, untuk bisa menyediakan Lokasi untuk Pembuatan TPS di Wilayah Tersebut, dengan Harapan Setiap Wilayah Atau pun Desa Tidak Ada lagi tumpukan Sampah Akut, Agar Misi kita kedepan untuk Menciptakan Kabupaten Sarolangun yang Bersih, Aman dan Nyaman bisa terealisasi, dan Kami menghimbau kepada Masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, Buang lah sampah pada Tempatnya, kalau memang belum ada tempat pembuangan sampah, letakan di depan rumah masing-masing, nanti petugas kita yang akan mengangkut Sampah tersebut, Sampai Tersedia nya TPS di Wilayah Masing-masing. “Himbau Kurniawan”.

Pada Kesempatan Yang Sama ketua RT 01 Wilayah Pulau Pinang Kelurahan Sarkam juga Menuturkan Hal Yang Senada. “Kami Sangat berterima kasih kepada pemerintah kabupaten Sarolangun, melalui Dinas DLH Sarolangun, yang sudah membersihkan tempat Pembuangan Sampah Liar di wilayah kami ini, dan kami berharap kedepan kepada pemerintah kabupaten Sarolangun untuk dapat menyediakan tempat pembuangan sampah untuk kami masyarakat di wilayah Pulau Pinang ini, dan tadi kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas DLH, untuk membicarakan untuk pembangunan TPS di wilayah kami, dengan syarat kami bisa menyediakan tempat yang mana nantinya akan di bangun tempat pembuangan sampah, dan Kami insyaallah akan berupaya untuk bisa menyediakan tempat tersebut, Agar TPS yang Kami Harapkan Bisa Terwujud. “Harap Ketua RT”.

Reporter : Budi Pratama.