Dinas PU-PR Gelar Pelatihan Bagi Para POB

Avertorial1 Dilihat

Rangkumnews.com, Sarolangun – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Sarolangun Gelar Pelatihan Bagi Para Petugas Operasional Bendung (POB), Kegiatan Tersebut Bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) POB, Acara Pelatihan tersebut dibuka Secara Resmi Oleh Kepala Dinas PUPR Sarolangun Arief Hamdani, ST, Bertempat di Aula Kantor Dinas PUPR, Pada Selasa (22/3/2022).

Dalam Acara Tersebut Turut Hadir Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Lili Syafri, ST,.M.Si Beserta para Kasi SDA dan staf, Serta Para POB. Sementara Itu Narasumber nya di Datangkan Langsung dari Dinas PUPR Provinsi Jambi Rimba, ST,.M.Eng dan Imanuddin SR, ST dari Balai Wilayah Sungai Sumatera VI.

Kabid SDA, Lili Syafri, ST,.M.Si dalam Laporannya menyebutkan Bahwa. “Untuk Pelatihan POB ini Pertama kali dilakukan, dengan Tujuan untuk memberikan Pemahaman, Sistem Pengelolaan, Monitoring Serta Pelaporan terkait Irigasi yang ada di Sarolangun sehingga bisa berjalan, dan Untuk Peserta Pelatihan ini diikuti Oleh 12 Orang POB yang baru di Rekrut pada Bulan Desember 2021 yang lalu, dikarenakan POB yang Lama Sudah Banyak Pensiun, dan Untuk POB yang Baru ini akan di Tempatkan di beberapa Kecamatan, Seperti Kecamatan Batang Asai, Limun, Air Hitam dan Sarolangun. Dimana 1 Orang POB Mempunyai Tugas Mengawasi dan Mengelola 7 Sampai 8 Bendungan atau Irigasi, sementara Itu Untuk Status POB ini Merupakan Tenaga Outsourcing, yang setiap Tahun bisa diganti. Jika Kinerjanya Bagus maka bisa dilanjutkan dan begitu juga sebaliknya,” jelas Lili Syafri.

Pada Kesempatan yang Sama Kepala Dinas PUPR Sarolangun Arief Hamdani, ST dalam Sambutannya Mengatakan. “di KabupatenSarolangun Terdapat Sebanyak 74 Irigasi atau Bendingan yang Semi Teknis atau Konstruksinya Sederhana, jadi untuk itu Perlunya ada Petugas untuk menjalankan Pengaturan Irigasi tersebut di setiap Bendungan, dan Untuk Saat ini Alhamdulillah kita sudah mendapatkan 12 Orang POB dari Proses Seleksi yang di Lakukan Oleh Bidang SDA. Jadi saya berharap Kepada POB dapat Serius mengikuti Pelatihan ini, karena disinilah kita dibekali Ilmu bagaimana cara Mengoperasikan, Membagi, Mengatur Debit air dari Bendungan Hingga di Aliri Sampai ke Sawah-sawah Masyarakat,” Ucap Arief Hamdani”.

Lanjut Arief Hamdani. ” POB Merupakan Ujung Tombak yang sekaligus Keluarga dari Dinas PUPR yang ada dilokasi Daerah Irigasi. Dengan adanya POB diharapkan Pelaksanaan Sistem Irigasi Makin Lancar dan Masyarakat dapat Menikmati serta Dapat Meningkatkan Hasil dari Produksi Sawah Mereka, dan Mampu Menjaga Kestabilitasan Ketahanan Pangan Dalam Keluarga Mereka, untuk itu Saya Berharap Para POB Serius Untuk Mengikuti Proses Pelatihan ini, Sehingga Apa yang di dapatkan bisa diterapkan, Serta selalu berkoordinasi dengan Dinas melalui bidang SDA terkait laporan apa saja yang menjadi Permasalahan, serta kendala dan kekurangan didaerah Kerjanya,” Harap Arief Hamdani”.

Reporter : Budi Pratama.