Tingkatkan Taraf Hidup, P3T PT. KIM Buatkan Kandang dan Salurkan Ternak Kambing

212

Rangkumnews.com Bungo – Pusat Pelatihan Terpadu (P3T) yang menjadi motor penggerak CSR PT Kuasing Inti Makmur (KIM), terus berupaya mengembangkan perekonomian masyarakat baik di bidang peternakan maupun pertanian. Di bidang peternakan, P3T PT KIM mengembangkan peternakan Sapi dan Kambing. Untuk Kambing, setiap tahun selalu digulirkan kepada masyarakat di wilayah ring I perusahaan Sementara di bidang pertanian, dengan melakukan pelatihan kepada ibu-ibu dalam mengelola pertanian khususnya tanaman sayuran.

Sebelumnya P3T PT KIM telah menyalurkan bantuan ternak kambing dan satu unit kandang sehat zero waste ke kelompok peternak binaan Anugrah, Kampung Danau Dusun Talang Silungko. Kali ini, bantuan yang sama kembali digulirkan ke kelompok peternak binaan Maju Jaya Kampung Sungai Kerang, Dusun Talang Silungko Kecamatan Bathin II Pelayang.
Penyerahan bantuan kandang kambing zero waste dan ternak kambing tahap kedua ini, dilakukan oleh Plt. Kadis Peternakan Kabupaten Bungo Enggar dan Kepala Teknik Tambang (KTT) PT KIM Faskal Ibrahim.

Kepala Teknik Tambang (KTT) PT KIM Faskal Ibrahim dalam kesempatan tersebut mengatakan, PT KIM selalu berkomitmen meningkatkan taraf hidup masyarakat disekitar tambang. Dengan harapan, setelah perusahaan tidak ada lagi, bantuan yang diberikan terus memberikan dampak positif.
“Ini merupakan Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT KIM, yang selalu digulirkan setiap tahun. Hendaknya, bantuan yang diberikan dapat dikelola dengan baik.”Ujar Faskal Ibrahim

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bungo Enggar dalam kesempatan tersebut mengatakan, hendaknya bantuan yang diberikan oleh pihak perusahaan dapat dimanfaatkan dengan baik.
’’Manfaatkan bantuan yang diberikan PT KIM dengan baik,’’Sebut Enggar.

Lebih lanjut disampaikannya Kampung Sungai Kerang tidak menutup kemungkinan akan menjadi sentra peternakan kambing Kabupaten Bungo. Apabila dikelalo dengan baik dan benar, sehingga bantuan tersebut dapat disalurkan ke kelompok lainnya.

Pada kesempatan itu Muklis Sekretaris Dusun (Sekdus) Talang Silungko, mengucapkan terimakasih yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat di wilayahnya. Bantuan tersebut akan dimanfaatkan dengan baik, sehingga impian untuk menjadi Kampung Peternak Kambing akan segera terwujud. Bantuan kandang dan ternak yang diberikan tersebut, merupakan satu satu bagian dari penguatan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT KIM yang telah lama dijalankan.

’’Alhamdulillah, P3T PT KIM kembali mengulirkan bantuan ternak kepada masyarakat peternak di sekitar ring satu area perusahaan. Tidak hanya berupa ternak kambing, kami juga memberikan bantuan berupa pembangunan kandang sehat zero waste yang merupakan hasil penelitian yang dikembangkan oleh P3T.’’ kata Yuliar Rista Bayu, Section Head CSR PT KIM kepada media.

Lebih lanjut disebutkan Bayu, pada tahun 2021 sudah disalurkan dua unit kandang sehat zero waste kepada dua kelompok peternak, bantuan ternak kambing terus digulirkan setiap tahun, dari tahun 2019 hingga saat ini melalui P3T PT KIM telah menyalurkan sejumlah 53 ekor kambing kepada peternak binaan di desa sekitar perusahaan. (Red)